Imlek, Usaha Karangan Bunga serta Buket Kebanjiran Order

Karangan Bunga


Beberapa pekarangan rumah type 36 itu dipenuhi bermacam motif perkataan karangan bunga di lokasi Guntung Paring, Kota Banjarbaru. Empat orang repot menyusun karangan bunga bermacam warna. Ruangan tidur keluarga juga disulap menjadi tempat menaruh papan bunga perkataan.

“Meski ruang kerja mesti bersih serta longgar sebab untuk kenyamanan pembuatan,” kata Aspian, si juragan CV Maulana pada banjarhits.id, Selasa (5/2/2019). Figur Aspian menekuni usaha karangan bunga perkataan semenjak tujuh kemarin.

Aspian lihat usaha karangan bunga miliki hari esok cerah sebab condong tahan dari goncangan ekonomi. Dia rasakan gencarnya pembangunan di Kota Banjarmasin serta Banjarbaru pararel dengan tingginya keinginan karangan bunga.

“Makin tingginya pembangunan pun jadi tanda pendorong majunya usaha ini. Jumlahnya gedung serbaguna, ataupun peresmian pertokoan serta sebagianya, jadi kans menarik buat usaha kami,” kata Aspian.

Diluar itu, Aspian mengincar pekerjaan weeding, duka cita, pelantikan jabatan baru, dan lain-lain. Akan tetapi, gencarnya pembangunan sangat berperan pada pesanan karangan bunga. Pemesanan bukan hanya dari kelompok petinggi, tetapi siapa juga telah sering pesan karangan bunga perkataan.

Pesanan juga dari beberapa kabupaten/kota tetangga, seperti Kota Banjarmasin serta Kabupaten Banjar. "Kalimat perkataan juga tidak kembali sekaku dahulu. Saat ini bentuk perkataan di papan bunga lebih sesuaikan keinginan customer. Contohnya, Selamat berbahagia teman dekat kantor, rekan kostku, serta ada banyak kembali," papar Aspian.

Aspian mengerjakan rata-rata delapan karangan bunga saat peristiwa pelantikan, duka cita atau peresmian gedung baru. Dia menggunakan bunga sintetis dengan skema skema sewa dengan bahan non styrofoam. Konsepnya go green yang ramah lingkungan.

Harga yang di tawarkan mulai Rp500 ribu untuk pengiriman di Kota Banjarbaru serta Martapura. Untuk ke Kota Banjarmasin, Aspian menambangkan ongkir Rp100 ribu. Skema sewa karangan bunga ini sangat mungkin tempat acara terlepas dari sampah Styrofoam sebab Aspihan ambil kembali barang itu.

Ukuran papan bunga perkataan panjang 240 cm serta lebar 175 cm dipakai tariff Rp 500 ribu untuk Kota Banjarbaru serta Martapura. Bunga sintetis lebih awet. Dari sisi ukuran, Aspian mengaku papan bunga perkataan punya CV Maulana semakin besar di harga lebih ekonomis.

Narasi sama hadir dari Lumiere Florist yang kebanjiran order waktu hari raya seperti Imlek. Pemilik Lumiere Florist, Hwang Le Raharja Salim menjelaskan pesanan dapat sampai 30-40 buket satu hari saat Imlek.

Lumiere mendatangkan variasi baru tidak hanya serangkaian bunga yaitu parcel buah. "Kami konsentrasi dengan gift, ada pita spesial serta tulisan spesial pada parcel yang dapat direquest customer, contoh untuk lamaran, atau sekarang ini mendekati imlek. Tidak hanya parcel, buah dapat juga di jual per kilo," tuturnya.

Raharja mempersiapkan buah import salah satunya bullberry, pome granat, serta kiwi merah. Ada juga buah lokal yaitu pisang ambon, semangka, melon, mangga, serta lengkeng. Menurutnya, pergantian pola hidup masyarakat Kota Banjarmasin berefek pada mode pesanan.

“Kami pun siapkan contohnya ada eucaliptus baby blue, tulip, peony, ranunculus, mawar equador. Bunga impor biasanya semakin besar, warnanya semakin bagus serta rapi sertabtahan lama," tukasnya.

Dua hari besar yang masuk agenda tahunan Lumiere Florist ialah hari Imlek, valentine 14 Februari serta hari ibu pada 22 Desember. Dua hari besar ini langsung masuk rincian tahunan untuk menyiapkan banyak bunga.

Yap, di hari itu, order bunga dapat sampai lebih dari 1.000 tangkai mawar. Jumlahnya ini bertambah 2x lipat daripada hari biasa yang cuma setengahnya saja. Waktu hari besar, bucket bunga yang dipesan pun bermacam.

Raharja menjelaskan harga bunga cukuplah berteman dari mulai Rp 45 ribu sampai Rp 1 juta. "Yang order sampai Rp 3 juta ada juga. Tetapi umumnya order banyak party planner atau wedding organizer. Kami pun bekerja bersama dengan mereka," katanya.

Dianya kebanjiran pesanan bunga buket waktu musim wisuda. “Jika telah musim wisuda dalam satu hari pesanan tidak kurang dari 15 buket,” tuturnya.

Pihaknya pun terima pesanan papan bunga perkataan ukuran 2x1 mulai Rp 500 ribu, 1,5x2 sebesar Rp 750 ribu, serta 2x2 harga nya Rp 1 juta. Sangat beberapa orang yang pesan harga Rp 500.000, satu bulan rata-rata terima pesanan 20 buah papan bunga perkataan.

Sekarang, dia konsentrasi mengerjakan buket untuk hadiah, wedding, dekorasi pengantin, wisuda, serta yudisium. Buat yang wisuda pesan boneka wisuda serta buket berbentuk bunga mawar, aster untuk foto-foto.

Omset per bulan dari tiga cabang upayanya, Lumiere dapat memperoleh hampir Rp 100 juta per bulan. "Prospek jual bunga di Kalsel cukuplah menjanjikan. Mulai karangan bunga papan sampai buket bunga," tuturnya. (Anang Fadhilah)

Comments